Selasa, 03 Juli 2012

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PADA BANK BPRTLM CABANG KUPANG


BAB I


GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN


1.1       SEJARAH PERUSAHAAN

1.1.1.      NAMA DAN BENTUK PERUSAHAAN.

Pendirian PT.BPR Tanaoba Lais Manekat merupakan salah satu dari lima mimpi besar majelis sinode GMIT pada tahun 1980-an. Pendirian PT BPR Tanaoba Lais Manekat dilator belakangi oleh UUD No 16 Tahun 2001 dan perubahan UUD No 28 Tahun 2004 tentang yayasan yang hanya memperbolehkan yayasan di bidang sosisal, keagamaan, pendidikan dan kesehatan

Oleh karena itu yayasan TLM berkomitmen untuk mengmbangkan pelayanan dengan menfasilitasi pendirian lembagaa keuangan formal yang dapat memanfaatkan dana pihak ketiga dan melayani masyarakat secaralebih luas serta mendukung penuh seluruh prosas pandiran BPR.TLM.

Kehadiran BPR.TLM diharapkan  bermanfaatkan  dalam mendukung perubahan usaha mikro, menengah dan koperasi, serta mempersatukan potensi ekonomi masyarakat berpendapatan menengah dan kecil dengan menyediakan produk yang sesuai dengan kemampuan mereka.






Sasaran utama program TLM adalah pedagang, petani miskin dan pegawai berpenghasilan rendah. Program pelayan antara lain :
1.                  Keuangan mikro yang menyediakan pinjaman mikro untuk mengmbangkan usaha melalui program kelompok usaha mandiri, program pinjaman individu, programpenggemukan sapi dan runput laut
2.                  Pelatihan: memberikan pelatihan manajemen usaha dan ketrampilan pada masyarakat dan nasabah.
3.                  Bussines Developmen: mengembangkan pasaran produk nasabah rumput laut dan penggemukan sapi.
4.                  komodity development: membantu korban bencana alam dan pengungsian.
5.                  evangeliasi: pemutaran film rohani di KTI.

Dengan adanya BPR TLM, diharapkan agar masyarat berperan dalam memberi dukungan doa, menempatkan dana di PT BPR TLM dan memenfaatkan fasilitas kredit yang tersidia di PT Tanaoba Lais Manekat.

Setelah beroperasi selama ± selama bulan februari 2008-april 2011, PT BPR TLM telah melayani nasabah penabung sejumlah 5434 rekening dengan saldo tabungan Rp. 19.038.853.085,-. Deposan sebanyak 267 orang dengan saldo deposito sebanyak Rp. 29.624.528,- dan nasabah kredit yang aktif sebanyak 892 arang dengan saldo kredit sebesar Rp.40.359.632.427,-.

Kedepan diharapkan kerjasama antara yayasan Tanaoba Lais Manekat dengan BPR tanaoba lais manekat dalam pelayanan kredit mikro dipedesaan dalam bentuk executing atau ceneling juga dijalin kerjasama dengan masyarakat umum dan pihak lain.







Adapun visi dan Misi dari PT.BPR TANAOBA LAIS MANEKAT  KUPANG yaitu:

VISI

MENYATAKAN SHALOM ALLAH PADA DUNIA ( YESAYA 32 : 17 )

MISI

MELAYANI DENGAN KASIH YANG DIWUJUDKAN DENGAN MANAJEMEN LEMBAGA YANG PROVESIONAL DAN PELAKSANAAN YANG JUUR, BERTANGGUNG JAWAB.



























1.1.2        BIDANG USAHA.

Adapun BPR TANAOBA LAIS MANEKAT atau yang biasa dikenal dengan sebutan BPR TLM bergerak dalam bidang usaha jasa perbankan dan perkreditan.

PT BPR TLM juga telah membuka sebuah usaha yaitu RESTORAN AYAM GORENG FATMAWATI  atau yang lebih dikenal dengan sebutan RESTORAN AGF  yang beralamat di Jl. Bundaran PU Oebufu Kupang.RESTORAN AGF  menerima pesanan catering/box untuk paket diantaranya :meeting,buka puasa bersama, arisan, ulang tahun, wisuda dan gathering.

1.1.3        LOKASI PERUSAHAAN

-                      JLN. AHMAD YANI NO. 43 KUPANG NTT-85113
-                      E-MAIL. bipiar tlm@yahoo.co.id
-                      TELEPON : ( 0380 ) 823092
-                      FAX : ( 0380 ) 82502

1.1.2.      DENAH LOKASI















RUKO STADION MERDEKA
 




PT. BPR Tanaoba Lais
Manekat
 









 






                                                            JALAN AHMAD YANI









 






1.2              ORGANISASI PERUSAHAAN

1.2.1        SRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN









 




























1.2.2.        KETENAGAKERJAAN

Jumah karyawan di PT. BPR TANAOBA LAIS MENEKAT manurut tingkat pendidikan dapat dilihat pada table dibawah sebagai berikut :

Tabel 1.
Jumlah Tenaga kerja Pada PT.BPR TLM

NO
TINGKAT PENDIDIKAN
JUMLAH
JABATAN
1
S2
-

2
S1
21
KARYAWAN
3
D3
2
KARYAWAN
4
SMA


5
SMP


6
SD



TOTAL















1.3      KEGIATAN PRODUKSI

1.3.1        PROSES PRODUKSI

Adapun proses pembukaan rekening nasabah akan dipaparkan sebagai berikut :
           
1.                  Nasabah masuk melalui pintu
2.                  Security memberi salam dan menyakan keperluan nasabah untuk membuka rekeningmaka sucurity mempersilahkan duduk sambil menunggu giliran bertemu dengan costumer service
3.                  Costumer service memberi salam sambil mempersilahkan nasabah duduk
4.                  Setelah Costemer Service mengetahui maksud nasabah tersebut untuk membuka tabungan baru, maka costumer service menjelaskan bentuk tabungan yang diinginkan oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan nasabah tersebut
Adapun jenis tabungan di PT.BPR TLM antara lain:

a.                   Tabungan umum (tabungan TLM )
Syarat-syarat tabungan umum
·         Diperuntukan untuk masyarakat umum ( perorangan atau lembaga )
·         Setoran pertama Rp. 10.000,- setoran selanjutnya minimal Rp.5.000,-
·         Suku bunga simpanan yang diberikan s.d. 5% P.a./ tahun
·         Biaya administrasi Rp. 500,- per bulan






b.                  Tabungan Program atau rencana
Syarat-syarat tabungan program

·         Diperuntukan bagi masyarakat umum
·         Setoran Pertama Rp. 10.000,- setoran selanjutnya minimal Rp.5.000,-
·         Saldo minimal Rp. 10.000
·         Suku bunga simpanan diberikan 7% per tahun
·         Tanpa biaya administrasi
·         Penutupan rekening dengan menyisakan saldo minimal ebesar Rp. 10.000
·         Penggantian buku krena kelalaian nasabah dikenai biaya administrasisebesar Rp 5.000

5.                  Costumer servise membuka sistim informasi manajemen PT.BPR TLM untuk mengetahui nomor rekening dan nomor CIF bagi nasabah baru sesuai urutan
6.         Costumer service membantu nasabah menginput identitas pada aplikasi pembukaan rekening





 


1 komentar: