BAB I
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
1.1 SEJARAH
PERUSAHAAN
1.1.1.
NAMA DAN BENTUK
PERUSAHAAN.
Pendirian PT.BPR Tanaoba Lais Manekat merupakan salah
satu dari lima mimpi besar majelis sinode GMIT pada tahun 1980-an. Pendirian PT
BPR Tanaoba Lais Manekat dilator belakangi oleh UUD No 16 Tahun 2001 dan
perubahan UUD No 28 Tahun 2004 tentang yayasan yang hanya memperbolehkan
yayasan di bidang sosisal, keagamaan, pendidikan dan kesehatan
Oleh karena itu yayasan TLM berkomitmen untuk
mengmbangkan pelayanan dengan menfasilitasi pendirian lembagaa keuangan formal
yang dapat memanfaatkan dana pihak ketiga dan melayani masyarakat secaralebih
luas serta mendukung penuh seluruh prosas pandiran BPR.TLM.
Kehadiran BPR.TLM diharapkan bermanfaatkan
dalam mendukung perubahan usaha mikro, menengah dan koperasi, serta
mempersatukan potensi ekonomi masyarakat berpendapatan menengah dan kecil
dengan menyediakan produk yang sesuai dengan kemampuan mereka.
Sasaran utama program TLM adalah pedagang, petani
miskin dan pegawai berpenghasilan rendah. Program pelayan antara lain :
1.
Keuangan mikro yang menyediakan pinjaman mikro untuk
mengmbangkan usaha melalui program kelompok usaha mandiri, program pinjaman
individu, programpenggemukan sapi dan runput laut
2.
Pelatihan: memberikan pelatihan manajemen usaha dan
ketrampilan pada masyarakat dan nasabah.
3.
Bussines Developmen: mengembangkan pasaran produk
nasabah rumput laut dan penggemukan sapi.
4.
komodity development: membantu korban bencana alam dan
pengungsian.
5.
evangeliasi: pemutaran film rohani di KTI.
Dengan adanya BPR TLM, diharapkan agar masyarat berperan dalam memberi
dukungan doa, menempatkan dana di PT BPR TLM dan memenfaatkan fasilitas kredit
yang tersidia di PT Tanaoba Lais Manekat.
Setelah beroperasi selama ± selama bulan februari 2008-april 2011, PT BPR
TLM telah melayani nasabah penabung sejumlah 5434 rekening dengan saldo
tabungan Rp. 19.038.853.085,-. Deposan sebanyak 267 orang dengan saldo deposito
sebanyak Rp. 29.624.528,- dan nasabah kredit yang aktif sebanyak 892 arang dengan
saldo kredit sebesar Rp.40.359.632.427,-.
Kedepan diharapkan kerjasama antara yayasan Tanaoba Lais Manekat dengan
BPR tanaoba lais manekat dalam pelayanan kredit mikro dipedesaan dalam bentuk
executing atau ceneling juga dijalin kerjasama dengan masyarakat umum dan pihak
lain.
Adapun visi dan
Misi dari PT.BPR TANAOBA LAIS MANEKAT
KUPANG yaitu:
VISI
MENYATAKAN
SHALOM ALLAH PADA DUNIA ( YESAYA 32 : 17 )
MISI
MELAYANI
DENGAN KASIH YANG DIWUJUDKAN DENGAN MANAJEMEN LEMBAGA YANG PROVESIONAL DAN PELAKSANAAN
YANG JUUR, BERTANGGUNG JAWAB.
1.1.2
BIDANG
USAHA.
Adapun BPR TANAOBA LAIS MANEKAT
atau yang biasa dikenal dengan sebutan BPR TLM bergerak dalam bidang usaha jasa
perbankan dan perkreditan.
PT BPR TLM juga telah membuka sebuah
usaha yaitu RESTORAN AYAM GORENG FATMAWATI
atau yang lebih dikenal dengan sebutan RESTORAN AGF yang beralamat di Jl. Bundaran PU Oebufu
Kupang.RESTORAN AGF menerima pesanan
catering/box untuk paket diantaranya :meeting,buka puasa bersama, arisan, ulang
tahun, wisuda dan gathering.
1.1.3
LOKASI
PERUSAHAAN
-
JLN. AHMAD YANI NO. 43 KUPANG NTT-85113
-
E-MAIL. bipiar tlm@yahoo.co.id
-
TELEPON : ( 0380 ) 823092
-
FAX : ( 0380 ) 82502
1.1.2. DENAH LOKASI
|
|||||||||
|
|||||||||
![]() |
![]() |
||||||||
![]() |
![]() |

![]() |
![]() |
![]() |
1.2
ORGANISASI
PERUSAHAAN
1.2.1
SRUKTUR
ORGANISASI PERUSAHAAN
![]() |
|||
![]() |
1.2.2.
KETENAGAKERJAAN
Jumah karyawan
di PT. BPR TANAOBA LAIS MENEKAT manurut tingkat pendidikan dapat dilihat pada
table dibawah sebagai berikut :
Tabel 1.
Jumlah Tenaga
kerja Pada PT.BPR TLM
NO
|
TINGKAT PENDIDIKAN
|
JUMLAH
|
JABATAN
|
1
|
S2
|
-
|
|
2
|
S1
|
21
|
KARYAWAN
|
3
|
D3
|
2
|
KARYAWAN
|
4
|
SMA
|
||
5
|
SMP
|
||
6
|
SD
|
||
TOTAL
|
1.3 KEGIATAN PRODUKSI
1.3.1
PROSES
PRODUKSI
Adapun proses
pembukaan rekening nasabah akan dipaparkan sebagai berikut :
1.
Nasabah masuk melalui pintu
2.
Security memberi salam dan menyakan keperluan nasabah
untuk membuka rekeningmaka sucurity mempersilahkan duduk sambil menunggu
giliran bertemu dengan costumer service
3.
Costumer service memberi salam sambil mempersilahkan
nasabah duduk
4.
Setelah Costemer Service mengetahui maksud nasabah
tersebut untuk membuka tabungan baru, maka costumer service menjelaskan bentuk
tabungan yang diinginkan oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan
nasabah tersebut
Adapun jenis tabungan di PT.BPR TLM antara lain:
a.
Tabungan umum (tabungan TLM )
Syarat-syarat tabungan umum
·
Diperuntukan untuk masyarakat umum ( perorangan
atau lembaga )
·
Setoran pertama Rp. 10.000,- setoran selanjutnya
minimal Rp.5.000,-
·
Suku bunga simpanan yang diberikan s.d. 5% P.a./
tahun
·
Biaya administrasi Rp. 500,- per bulan
b.
Tabungan Program atau rencana
Syarat-syarat tabungan program
·
Diperuntukan bagi masyarakat umum
·
Setoran Pertama Rp. 10.000,- setoran selanjutnya
minimal Rp.5.000,-
·
Saldo minimal Rp. 10.000
·
Suku bunga simpanan diberikan 7% per tahun
·
Tanpa biaya administrasi
·
Penutupan rekening dengan menyisakan saldo
minimal ebesar Rp. 10.000
·
Penggantian buku krena kelalaian nasabah dikenai
biaya administrasisebesar Rp 5.000
5.
Costumer servise membuka sistim informasi manajemen
PT.BPR TLM untuk mengetahui nomor rekening dan nomor CIF bagi nasabah baru
sesuai urutan
6. Costumer
service membantu nasabah menginput identitas pada aplikasi pembukaan rekening
thx
BalasHapus