BAB I
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
1.1 Searah Kantor Pos
PT. POS Indonesia (Persero) Kupang merupakan
Perusahaan BUMN yang dalam bidang Pelayanan lalu lintas Surat Pos, Uang,
barang dan Pelayanan lainnya yang di tepatkan oleh Msentri BUMN dan berkedudukan di Jalan Palapa No.1
Kelurahan Oebobo.
PT.POS Indonesia Kupang didirikan sejak
jaman Hindia Belanda dan tepat pada
tanggal 27 september 1955 dengan status jabatan PTT (Pos,Telepon,Telegraph).
Pelayanan Pos diberikan jawatan PTT sepenuhnya ditunduk kepada ketentuan IBW
(peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Belanda) hingga pada tahun 1945
PTTdiambil alih dan diteruskan oleh Pemerintah Indonesia. Berdasarkan peraturan
pemerintah nomor 240 tahun 1961 PTT diubah menjadi PN POSTEL yang merupakan
hubungan antara Pos dan telekomunikasi ini hanya berlansung selama 4 tahun dan
selanjutnya pada tahun 1965 status PN POSTEL dipecah menjadi 2 yaitu PN Pos dan
Giro dengan dasar hukum PT nomor 29 tahun 1965 dan PT Telekomunikasi
bardasarkan PP nomor 30 tahun 1965.
Menyesuaikan perkembangan permintaan
masyarakat dan didukung oleh kinerjanya, maka pada tahun 1978 status PN Pos dan
Giro disesuaikan menjadi PERUM POS dan GIRO berdasarkan PP nomor 29 tahun 1978
yang disesuaikan dengan PP Nomor 24 Tahun 1984. Dalam rangka meningkatkan
efisiensi dan efektivitas usaha penyelenggaraan jasa Pos dan Giro, utamanya
agar BUMN Pos dapat secara optimal menjalankan perannya menjadi salah satu pelaku pokok.
a. Visi
Visi PT Pos Indonesia
(Persero) Cabang Kupang adalah penyedia saran
komunikasi kelas dunia dalam bentuk pelayanan yang profesional dan
paripurna dan serta peduli terhadap lingkungan sehingga mampu berkembang sesuai
dengan konsep bisnis yang sehat.
b. MISI
Misi Pos Indonesia
(Persero) Cabang Kupang adalah menyediakan sarana komunikasi yang handal dan
terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah
guna menunjang pembangunan serta memperkuat Kesatuan Bangsa dan Negara.
1.1.1
Nama dan Bentuk
Kantor Pos
PT.Pos Indonesia (Persero)
Cabang Kupang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negera (BUMN) yang
berbentuk Perseroan terbatas. BUMN adalah salah satu badan usaha yang didirikan
oleh Negara dan kepemilikannya dipegang oleh Pemerintah Republik Indonesia.
2.1.1
Bidang Usaha
Bedasarkan Peraturan
Pemerintah (PP) no.177/ 1995 tanggal 20 juni
yang menyatakan bahwa PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang
diselenggarakan oleh Negara pada perum Pos dan
Giro. Perum adalah salah satu badan yang menerima dan menyampaikan surat, warkat Pos dan kartu Pos dengan memungut biaya. Mentri
menetapkan ketentuan tentang persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan
lain untuk memperoleh izin melakukan
usaha pengiriman surat Pos jenis tertentu, misalnya paket dan uang.
Bidang usaha yang dijalankan oleh Pos Indonesia (PERSERO)
Cabang Kupang adalah sebagai berikut:
1.
Usaha Pokok (Core Business) meliputi:
a.
Layanan Fisik
Ø
Layanan Surat Pos
Layanan standar
pengiriman berita tertulis yang tersedia
semua kantor Pos untuk penghubung dalam negeri dengan klasifikasi adalah surat, kartu Pos, warrkat Pos, barang cetakan, majalah dan
bungkusan.
Ø
Layanan paket Pos
Layanan pengiriman
barang yang dapat dilakukan semua kantor Pos untuk perhubungan dalam negeri
maupun luar negeri dengan klasifikasinya berdasarkan cara pengangkutannya yaitu
Paket Pos Darat, Paket Pos Laut dan Paket Pos udara.
Ø
Layanan Giro Pos
Layanan
keuangan untuk menabung, menyimpan dan
membayar berbagai transaksi baik untuk
pemegang rekening perseorangan maupun badan hukum (Perusahaan) yang ada hubungannya dengan
keperluan dinas.
Ø
Layanan Filateli
Layanan pembelian
perangko yang akan ditempelkan pada setiap surat atau barang yang akan diPoskan.
b.
Layanan elektronik
Ø
Layanan Wesel Pos
Transfer uang yang Diposkan
sebagai solusi kiriman seluruh Indonesia
dengan Klasifikasi: Wesel Pos Kilat,Wesel Pos Kilat Khusus, Wesel Pos
berlangganan dan wesel Pos luar Negeri.
Ø
Layanan Cek Pos
Layanan keuangan
yang berbentuk cek yang dapat diuangkan disemua Kantor Pos.
2.
Usaha Penunjang (Non Core Business)
1.
Penyewaan ruang atau tempat
2.
Usaha Transportasi
3.
Bank Pos
4.
Belanja lewat Pos
5.
Berbagai Layanan keagenan seperti:
Ø
Pembayaran Angsuran Motor FIF
Ø
Pembayaran Telepon
Ø
Pembayaran Rekening Listrik
Ø
Kualifikassi Guru
Ø
Beasiswa Murid
Ø
Bantuan Langsung Tunai (BLT)
Ø
Pembayaran PDAM dan lain-lain
1.1.2
Alamat Lokasi
Perusahaan
Penulis
melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pada PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang
Kupang yang beralamat di Jalan Palapa No.1 Kelurahan Oebobo Kupang.
1.2 Organisasi Perusahaan
1.2.1
Struktur Organisasi
Organisasi adalah
suatu kerangka dimana orang-orang bertindak saling bekerja sama untuk
melakukan pekerjaan Organisasi menyangkut
Penyusunan tenaga kerja dan Pembagian tugas, demikian juga pada PT.Pos Indonesia
(Persero) Cabang Kupang yang mempunyai Struktur
Organisasi yang berbentuk garis tata kerja sesuai dengan bidangnya
masing-masing.
Berikut ini Struktur
Organisasi PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang serta fungsinya
masing-masing bagian:
Bagan Struktur Orgganisasi
Kantor Pos Indonesia
(Persero) Cabang Kupang


|
![]() |
|||||||
|
|||||||
![]() |
|||||||
|
|||||||
Dilihat dari
struktur organisasi dapat diuraikan tugas dan tanggung jawab masing-masing
seksi terdiri dari:
1.
Kepala Kantor
Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan
dikantor
2.
Wakil Kepala Kantor
Melaksanakan dan mengontrol jalannya semua
kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap Unit atau Bagian Operasional.
Agar bejalan sesuai dengan program yang
telah ditetapkan.
3.
Spv SDM Sarana
-
Membuat surat-surat masuk (intern dan
ekstern).
-
Mengawasi penyerahan naskah-naskah yang
akan dijawab atau diselesaikan oleh bagian-bagian atau urusan.
-
Mengawasi pelaksanaan pekerjaan urusan Kepegawaian, Agendaris, Peralatan dan Bagunan serta Urusan Kantor.
-
Mengatur dan bertanggung jawab atas
persediaan ATM (Alat Tulis Menulis).
-
Membuat laporan bulanan untuk urusan tata
usaha atau Administrasi.
-
Mendampingi Kakp dalam urusan Dinas Intern maupun
Ekstern.
-
Mengurus tamu Pusat dan Wilpos.
-
Mengerjakan hal-hal yang diberikan oleh Kakp.
4.
Spv Keuangan
Ø
Tugas Umum
-
Melaksanakan tugas yang diberikan oleh
atasan langsung.
-
Mengerjakan pekerjaan dibagian yang menjadi
tanggung jawab pribadi dengan penuh sedikasi dan tangggung jawab.
-
Menjaga Kebersihan, Keamanan dan ketertiban dibagian kerja masing-masing.
Ø
Tugas Pokok
-
Menerima dan menghitung uang setoran kasir dan menyimpan dalam brankas.
-
Memberikan panjar uang tunai kepada kasir
dengan mengisi buku serah panjar.
-
Meerima, membuka dan memeriksa kebenaran
isi kiriman BPM, benda-benda UT dan benda-benda pihak ketiga lainnya yang
diterima dari bemPos atau Kantor lain dan menyimpannya.
-
Melayanipermitaan BPM dan benda-benda pihak
ketiga lainya yang dajukan loket-loket d Manager UPL.
-
Menyetor uang tunai atau non tunai dari
saldo kas yang berlebih ke bank (Pelimpahan)
dengan mengisi bilyet Giro baik melalui BNI 46. Kerekening dirkugPos
pada BNI 46 Cabang Posindo bandung.
-
Mengatur persediaankeuangan BPM kantor lain
(membuat g-14,menutup kantong dan menyerahkan kepada bagian pengiriman).
-
Mengerjakan buku rekening Koran BPM dan benda-benda
pihak ketiga lainnya.
-
Mengerjakan buku anasir kas dan buku-buku
sado rekening bank.
-
Membuat laporan bulanan cash management
berdasaranasir kas danbku bank.
-
Mengerjakan pertanggungan atau permintaan triwulan BPM dan mengirimkannya.
-
Memeriksa kebenaran isi buku-buku
permintaan BPM antara (hasil perkalian bilangan dan copure serta kebenaran
jumlah setoran kepada kasir).
-
Memberikan panjar kp x melalui kasir
berdasar buku panjar kerja kp x yang dibuat oleh manager UPL.
-
Memeriksa dan menandatangani bukti-buktiengeluaran
(yagmenyangkut register f,gaji,tunjangan-tunjangan lainnya).
-
Memeriksa dan menandatagani SPJP2P pension
dan lamirannya.
-
Mmbuat konsep atau surat nddp yang
bertalian dengan tugas manager keuangan.
-
Bila diperlukan menarik cek dan megambil
uang tunai dari bank.
-
Tugas-tugas lainnya yang disebutkan dalam
peraturan dinas v.
5.
Spv Akuntansi
Ø
Tugas Umum
-
Melaksanakan tugas yang diberikan oleh
atasan langsung.
-
Mengerjakan pekerjaan dibagian yang menjadi
tanggung jawab pribadi dengan penuh sedikasi dan tangggung jawab.
-
Menjaga kebersihan,keamanan dan ketertiban
dibagian kerja masing-masing.
Ø
Tugas Pokok
1.
Harian :
-
Menatausahakan dan mencatat kebenara
transaksi penerimaan dan pengeluaran uang perusahaan dan uang pihak ketiga pada
buku kas harian.
-
Mengerjakan jurnal kas masuk atau keluar
beserta buku pembantu dan penunjang.
-
Mengawasi mutasi hutang piutang.
2.
Mingguan :
-
Membuat laporan masa piutang dan hutang
(JMK dan JMT).
3.
Bulanan :
-
Membuat laporan BB-UPT
-
Membuat laporan kilat realisasi pendapatan
dan biaya.
-
Membuat laporan realisasi biaya beserta
lampiran.
4.
Tahunan :
-
Membuat laporan BB-UPT tahunan.
-
Membuat saldo awalbulan berjalan.
Ø
Tugas khusus
1.
Mencatat seluruh transaksi penerimaan dan
pengeluaran pada buku bantu dan buku penunjang.
2.
Mencocokan transaksi pada BKH dengan
dokumen sumber.
3.
Mencatat dan mengawasi transaksi hutang ua
titipan.
4.
Mencatat dan mengawasi hutanguang pihak
ketiga.
5.
Mencatat dan mengawasi hutang kepada
Negara.
6.
Mencatat dan mengawasi piutang pendapatan.
7.
Mencatat dan mengawasi piutang pegawai.
8.
Mencatat dan mengawasi pembenanan
rekeningdirkug.
9.
Mencatat dan mengawasi transaksi mutasi
hutang dan piutang (C4 kepada atau dari).
6.
Spv Giro
Ø
Tugas Umum
-
Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan
langsung.
-
Mengerjakan pekerjaan dibagian yang menjadi
tanggung jawab pribadi dengan penuh sedikasi dan tangggung jawab.
-
Menjaga kebersihan,keamanan dan ketertiban
dibagian kerja masing-masing.
Ø
Tugas Pokok
-
Bertanggungjawab atas keberesan dan
kelancaran pekerjaan sentral Giro.
-
Memeriksa kebenaran atau kecockan neraca
atau jurnal RK dan PRK
-
Mengerjakan tabelaris rekening kran A, B
dan C.
-
Membat nereca gabungan rekening koran.
-
Mengerjakan atau mengawasi buku perincian
saldo rekening pihak ketiga.
-
Mengisi atau membuat statistic SGG.
-
Mengetik salinan rekening Koran KN ,
membuat nota tagihan dan jasa Giro tiap-tiap KN serta membuat laoran pelunasan bea Giro tiap bulan.
-
Memeriksa dan menandatangi surat saldo.
-
Membuat laporan bulanan SGG.
-
Mengerjakan buku register atau daftar nama
pemegang rekening.
-
Mengawasi dan menyiapkan cap timbul.
7.
Spv Antaran
Ø
Tugas Umum
-
Melaksanakan tugas yang diberikan oleh
atasan langsung.
-
Mengerjakan pekerjaan dibagian yang menjadi
tanggung jawab pribadi dengan penuh sedikasi dan tangggung jawab.
-
Menjaga kebersihan,keamanan dan ketertiban
dibagian kerja masing-masing.
Ø
Tugas Pokok
-
Bertnung jawab atas kelancaran tugas
antarandan tugas lain dibagian antaran.
-
Membuat dan menjawab nddp atau surat.
-
Membukukan statistic s-3.2 dan s-3.7
-
Membukukan NKH terima pada buku pengawasan
adpis.
-
Melaksanakan tugas-tugas lain yang
diberikan oleh kakp.
-
Melaksanakan antaran sampai selesai mulai
pukul 08.00 wita.
-
Menjaga dan memelihara atribut dinas baik
pada saat didalam kantor maupun pada saat pengantaran.
-
Mengatur jalur pengiriman surat-surat yang
akan dikirim diberbagi tempat sesuai dengan alamat tujuan.
8.
Spv Pengolahan
Ø
Tugas Umum
-
Melaksanakan tugas yang diberikan oleh
atasan langsung.
-
Mengerjakan pekerjaan dibagian yang menjadi
tanggung jawab pribadi dengan penuh sedikasi dan tangggung jawab.
-
Menjaga kebersihan,keamanan dan ketertiban
dibagian kerja masing-masing.
Ø
Tugas Pokok
1.
Harian
-
Menerima, menutup dan mengirim kiriman Pos.
-
Membuat laporan 1-10 dan neracakiriman
kantong Pos.
-
Mengawasi dan memeriksa sortiran surat Pos
dan ikatan bendel surat Pos yang akan dikirim.
-
Melakukan pengawasan nomor adpis N/Nk, R6/7 dan CN – 38 kirim atau
terima.
-
menerima, menympan da menyerahkan kantong Pos
yang berisi remise atau kiriman berharga kepada bagian terkait.
2.
Bulanan
-
Membuat laporan pertelaan Pos laut (n –
13a) dan AV – 7 (cn – 38).
Ø
Tugas Khusus
-
Bertanggung jawab atas lalu lintas Pos.
-
Menerima surat-surat atau nddp dari spv.
Administrasi dan menjawab.
-
Embuat daftar tutupan N-22 setiap
terjadi perubahan dan awal tahun.
-
Memriksa da bertanggung jawab terhadap pembayaran tagihan-tagihan ongkos
angkutan Pos.
-
Melaksanakan tugas lain yang diberika oleh
kakp.
9.
Spv Pelayanan
Ø
Tugas Umum
-
Melaksanakan tugas yang diberikan oleh
atasan langsung.
-
Mengerjakan pekerjaan dibagian yang menjadi
tanggung jawab pribadi dengan penuh sedikasi dan tangggung jawab.
-
Menjaga kebersihan,keamanan dan ketertiban
dibagian kerja masing-masing.
-
Melakukan pengadministrasian atau
pengarsipan naskah-naskah yang berkaitan dengan tugas-tugasnya.
-
Mengelola dan memberdayakan bagian
pelayanan agar kelancaran dinas dapat terjamin.
-
Berkoordinasi denga bagianlai yang terkait
dengabagian pelayanan.
Ø
Tugas Pokok
-
Melayani pembelian cekPos wisata.
-
Membuat laporan bulanan
CPW-3/CPW/-4/GPC-10.
-
Membuat laporan bulanan EMS
-
Membuat laporan ertelan produksi dan
pendapatan paket Pos.
-
Membuat perhitungan dan laporan HTOK SKH.
-
Membuat laporan pertelaan produksi dan
pendapatan paket Pos.
-
Membuat perhitungan dan laporan HTOK PAKET POS.
-
Membuat laporan JPS atau NON JPS.
-
Melakukan setoran saldo surplus takesra dan
angsuran kukesra ke bank BNI 46.
-
Membuat daftar penambahan hutang Giro.
-
Memeriksa semua loket (R, tabanas, Giro
paketPos, KH 1/2, wesel Pos prima, biasa, langganan) dan neraca loket sore.
-
Mengawasi semua pekerjaan dibagian
pelayanan.
-
Mengawasi pemakaian register berharga.
10.
Spv. Pemasaran (SLPK)
Ø
Tugas Umum
-
Melaksanakan tugas yang diberikan oleh
atasan langsung.
-
Mengerjakan pekerjaan dibagian yang menjadi
tanggung jawab pribadi dengan penuh sedikasi dan tangggung jawab.
-
Menjaga kebersihan,keamanan dan ketertiban
dibagian kerja masing-masing.
Ø
Tugas Pokok
-
Memasarkan dan menginformasikan
produk-produk Pos ke masyarakat luas.
-
Menyediakan layanan khusus bagi
pelanggan-pelanggan Pos yang telah ber-PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan PT.POSINDO
Cabang Kupang.
-
Membuat laporan yakni : harian, mingguan dan
bulanan.
Ø
Jenis Layanan
-
Surat Pos Perlakuan Khusus (SKH).
-
Paket Pos Perlakuan Khusus (PKH).
-
Porto dibayar.
1.2.2
Ketenagakerjaan
System pembinaan
tenaga kerja yang digunakan perusahaan adalah sebagaisistem tenaga kerja,
pengangkat pertama berdasarkan kelengkapanyang bersangkutan, sedangkanpembinaan
secara teratur didasarkan pada masa kerja, kesetiaan, pengabdian, pengalaman
pekerjaan dan syarat objektif lainnya.
Jika tetap dengan
menggunakan jadwal sesuai dengan datayang diperoleh penulis selama mengikuti
kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) maka jumlah karyawa yang dipekerjakan
adalah kurang lebih 126 orang karyawan yakni pegawai tetap 80 orang dan
pegawaitidak tetap 46 orang dan system kerja yang dipakai adalah system kerja
harian.
Jumlah karyawan pada PT.Pos Indonesia (Persero)
Cabang Kupang
No.
|
Tingkat pendidikan
|
Pegawai tetap
|
Pegawai tidak tetap (Outsource)
|
Jumlah
|
1
|
Sma/mk
|
70
|
37
|
107
|
2
|
Diploma tiga (D3)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
Serjana s1
|
7
|
6
|
13
|
80
|
46
|
126
|
Sumber data : PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang.
( Tabel 1 )
Jadwa kerja PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang
Kupang.
Hari/tanggal
|
Jumlah orang
|
Jam/waktu
|
Senin-jumat
|
126
|
08.00-15.00
|
Sabtu
|
126
|
08.00-13.00
|
Sumber data : PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang
Kupang.
( Tabel 2 )
1.3 Kegiatan produksi
kegiatan produksi
yang dilakukan pada PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang pada bagian SLPK
adalah memberikan pelayanan kepada mitra berupa korporat dan individu untuk
meningkatkan kesejahteraan dan mudah memperlancar pekerjaannya.
1.3.1
Proses Produksi
Proses produksi yang dihasilkan pada PT.Pos Indonesia (Persero)
Cabang Kupang adalah melayani masyarakat dan memberikan pelayanan yang berupa
benda-benda Pos misalnya : materai, perangko, mdnerima dan menyampikan surat,
warkat Pos dan kartu Pos.
1.3.2
Hasil
Produksi
Merupakan barang atau produk yang telah diproduksi dan siap
untuk dipasarkan. Dengan demikian hasil produksi pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang, yang berupa pengentrian surat kilat
khusus, paket kilat khusus, porto dibayar dan express Pos, seperti :
Ø
Menerima kiriman,surat pengantar,dan data
kiriman dari mitra.
Ø
Mengentri kiriman pada aplikasi I-Pos.
Ø
Mencetak Backsheet kiriman.
Ø
Menyerahkan kiriman,resi,dan Backsheet
kiriman per mitra ke bagian pengolahan dengan mengunakn buku serah.
Ø
Membuat neraca harian.
Ø
Menyerahkan resi duplikat ke bagian
penagihan piutang (untuk dibuat tagihan).
Dengan kegiatan dan
proses produksinya mengarah pada pemenuhan kebutuhan dan kegiatan pelanggan.
1.4 PEMASARAN
1.4.1
Daerah Pemasaran
Adapun rute wilayah
pemasaran yang dilakukan oleh PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang, yaitu
keseluruh wilayah Indonesia baik itu dalam wilayah Indonesia,baik dalam
propinsi NTT maupun luar propinsi NTT,kabupaten-kabupaten hingga keluar negeri.
1.4.2
Saluran
Distribusi
Untuk meningkatkan
jasa pelayanan PT. Pos Indonesia (Persero)
Cabang Kupang, maka jasa yang
diberikan perlu dikembangkan agar dapat
dikonsumsi oleh seluruh masyarakat NTT pada umumnya.
Pendistribuan kiriman Pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang yang dilakukan dengan cara :
1.
Mengantar langsung
Pendistribusian,pengiriman
Pos secara langsung ini dilakukan dengan cara petugas atau pengantar Pos
mendatangi konsumen sesuai dengan alamat yang tertera pada surat, paket, wesel yang ada.
Pada cara pendistribusian langsung ini konsumen menerima surat, paket, atau wesel yang
dikirim oleh si pengirim tak dipungut biaya apapun apabila apabila alamat
tujuan yang dicantumkan pada surat, paket dan wesel tak
jelas maka surat, paket atau wesel
tersebut akan di kembalikan pada si pengirim jikalau pada surat, paket maupun wesel tersebut terdapat alamat si pengirim.
2.
Melalui Surat panggilan
Pendistribusian
jelas dilakukan dengan cara memberika surat panggilan kepada si penerima
kiriman Pos untuk mengambil langsung kiriman Posnya pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang.
3.
Melalui Penitipan
Penditribusian
kiriman Pos melalui penitipan biasanya
dikenal dengan istilah PO BOX pendistribusian kiriman Pos melalui penitipan
dilakukan dengan cara PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang. Tempat berupa
penitipan,berupa BOX atau kotak
yang disusun pada salah satu dinding kantor dan kotak-kotak tersebut
memiliki oleh pelanggan dan pihak PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang,
sehingga memudahkan pengambilan dan jaminan keamanan kiriman Pos pelanggan pada
pendistribusian ini pelanggan PO BOX akan di pungut biaya setiap bulan oleh
pihak PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang. Namun pihak PT.Pos Indonesia (Persero)
Cabang Kupang tak mendapatkan batas
waktu pengambilan kiriman Pos pelanggan POS
BOX.
4.
Transaksi Langsung
Pendistribusian
pengiriman melalui transaksi langsung
dilakukan dengan cara langsung konsumen yang membutuhkan atau yang ingin
memiliki benda-benda Pos, penerimaan pensiunan
lewat kantor Pos Kupang, para nasabah serta pegawai yang menerima gaji
melalui kanto Pos Kupang, menandatangani untuk melakukan transaksi tidak
langsung sesuai dengan kebutuhan pelanggan jasa Pos yang di inginkan.
BAB II
AKTIVITAS KERJA LAPANGAN
2.1. Tempat Penugasan
Tempat penugasan penulis selama mengikuti praktek kerja
lapangan (PKL) pada PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang yang bertempat di
jalan Palapa no.1 kelurahan oebobo Kupang,
penulis ditempatkan pada bagian spv pelayanan SLPK
2.2. Macam-macam Kegiatan
Adapun kegiatan yang dilaksanakan penulis selama mengikuti
praktek kerja lapangan pada PT. Pos Indonesia (Persero)
Cabang Kupang sebagai berikut:
Harian
Ø
Menerima kiriman,surat pengantar,dan data
kiriman dari mitra.
Ø
Mengentri kiriman pada aplikasi I-Pos.
Ø
Mencetak Backsheet kiriman.
Ø
Menyerahkan kiriman,resi,dan Backsheet
kiriman per mitra ke bagian pengolahan dengan mengunakn buku serah.
Ø
Membuat neraca harian.
Ø
Menyerahkan resi duplikat ke bagian
penagihan piutang (untuk dibuat tagihan).
Ø
Melakukan tugas lain yang diberikan oleh
kepala kantor,wakil kepala kantor, dan atasan langsung.
Mingguan
Ø
Membuat rekapitulasi mingguan pengentrian
kiriman.
Ø
Melaporkan
rekapitulasi mingguan kiriman kepada Manager Sentra Layanan
Pelanggan Korporat (SLPK).
Bulanan
Ø
Membuat rekapitulasi bulanan pengentrian
kiriman.
Ø
Melaporkan
rekapitulasi bulanan kiriman kepada Manager Sentra Layanan
Pelanggan Korporat (SLPK).
2.3. Sistem Dan Prosedur
Sistem dan prosedur Pelayanan Surat Perlakuan Khusus (SKH),
Paket Perlakuan Khusus (PKH) dan Porto dibayar
pada PT. POS Indonesia (Persero) Cabang Kupang adalah sebagai berikut:
a.
Pelanggan membawa surat pengantar dan data
pengiriman dari mitra untuk diserahkan kepada Bagian Pemasaran pada PT.Pos Indonesia
(Persero) Cabang Kupang.
b.
Staf Administrasi Bagian Pemasaran menyortir
data kiriman dari mitra per kabupaten untuk mengentri bukti kiriman pada
aplikasi I-Pos.
c.
Menyerahkan kiriman, resi dan Backsheet
kiriman per mitra ke bagian pengolahan dengan mengunakan buku serah.1
d.
Staf Administrasi Pemasaran menerima buku
serah dari petugas atau mitra untuk diberi cap
PT. POS Indonesia (Persero) Cabang Kupang sebagai arsip atau dokumen.
2.4. Masalah yang dihadapi
Selama melaksanakan praktek kerja lappangan penulis tidak
mengalami kesulitan yang berarti Karen penulis dibimbing oleh staf dalam hal
mengumpulakan data penulis lebih banyak meneliti sendiri sehingga penulis masih
kurang dalam hal pengetahuan, seperti:
Ø
Dalam pengumpulan atau informasi mengenai
pelayanan pada kantor Pos, penulis berusaha meneliti sendiri karena setiap
bagian mempunyai tugas dan kesibukannya masing-masing sehingga para pegawai
tidak punya waktu untuk berkomunikasi karena akan memperhambat alur pekerjaan.
Ø
Mesin print yang digunakan penulis pada
kantor Pos Kupang adalah mesin print Epson LX 300+R yang belum pernah digunakan oleh penulis sebelumnya sehingga sedikit
memperhambat pekerjaan.
2.5. Penanganan Masalah
Melihat hambatan diatas penulis menerangkan sedikit cara
penanganan masalah yang dihadapi yaitu:
Ø
Dalam
menghadapi masalah yang penulis temui selama Praktek Kerja Lapangan (PKL),
Penulis berusaha menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang ada pada tempat
penulis dan penulis juga mendapatkan data atau informasi penulis tetap
mengikuti alur kerja yang ada.
Ø
Dalam menggunakan sarana dan prasarana
dalam hal ini mesin print Epson LX 300+R penulis kurang mahir sehingga dapat
memperlancar pekerjaan.
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Dari penjelasan
yang telah diuraikan dapat ditarik kesimpualan mengenai hal-hal dasar yang
sangat erat kaitannya dengan Praktek Kerja Lapangan. Aktifitas yang dilakukan
oleh penulis selama Praktek Kerja Lapangan merupakan hal yang sangat berguna
bagi penulis dan juga Politeknik Negeri Kupang. Dengan adanya Praktek Kerja
Lapangan ini mahasiswa dapat mengetahui pekerjaan kantor khususnya pada bagian
marketing pada PT. Pos Indonesia (Persero)
Cabang Kupang. Aktifitas yang dilakukan merupakan pedoman atau pegangan bagi
mahasiswa jika sewaktu-waktu terjun langsung kedalam dunia kerja, sehingga
tidak mengalami kesulitan pula dalam melaksanakan pekerjaan kantor. Dengan Praktek
Kerja Lapangan pula mahasiswa dapat mengetahui secara jelas aktifitas, fungsi, tugas, peranan,
tanggung jawab, kedudukan atau jabatan
seorang pegawai pada bagian marketing pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang.
3.2.Saran
1)
Untuk PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang diharapkan pada waktu mendatang dalam
penempatan mahasiswa yang melaksanakan praktek kerja lapangan bukan hanya satu
bagian (bagian pelayanan) tetapi ditempatkan pada bagian lain sehingga
mahasiswa lebih mengetahui aktifitas-aktifitas utama pada bagian tersebut,
dapat juga memberikan bimbingan yang
lebih banyak kepasda mahasiswa tentang pekerjaan yang ada sehingga mahasiswa
dapat membantu dan dapat mengerti
sistemm yang dipakai dalam pelaksanaan
kerja pada kantor.
2)
Bagi Lembaga Pendidikan Politeknik Negeri Kupang
Agar sebelum melakukan praktek kerja lapangan sebaiknya memperhatikan
surat-surat yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sehingga pada saat
melaksanaakan praktek kerja lapangan mahasiswa lebih focus pada aktifitas
kantor , dan diharapkan dimasa yang mendatang mahasiswa dapat dibekali lagi
ketrampilan baik dari segi pengetahuan, Etika, Tata Krarma, dan Disiplin agar
mahasiswa dapat menerapkan didalam Praktek Kerja Lapangan (PKL).
3)
Bagi jurusan administrasi bisnis Diharapkan
pada waktu mendatang sebelum mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan
sebaiknya jurusan lebih professional dalam menempatkan mahasiswa pada
konsentrasinya masing-masing sehingga apabila pada saat melaksanakan praktek
kerja lapangan mahaasiswa tidak mengalami
kesulitan dalam pengambilan judul tugaas akhir maupun penelitian tugas
akhir.
mumpung bentar lagi bt magang di kantor pos,, thanks ka eky coz su post tentang pt pos,,,hehehehehehhehe
BalasHapusB ada mau pkL dsana ni. Kira2 bisa ko snd eh
BalasHapusBisa khaw saya minta no hp,,pegawai kantor pos Kupang-NTT...kode 86300
BalasHapus