BAB 1
GAMBARAN
UMUM KOPERASI
NUSANTARA CABANG KUPANG
1.1.
Sejarah
Koperasi Nusantara
Berawal dari perhatian terhadap
keterbatasan perkembangan dunia perkoperasian di Indonesia yang seharusnya
dapat menjadi sosok guru perekonomian nasional membuat
sekelompok generasi muda dengan latar belakang keuangan dan teknologi
informatika terpacu untuk menghadirkan koperasi yang memanfaatkan teknologi
untuk pengembangan bisnisnya.
Koperasi Nusantara pada awal berdirinya bernama Koperasi Serba Usaha (KSU)
Koperasi Dana Indonesia yang didirikan pada tanggal 10 Oktober 2004, terdaftar
di kantor Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik
Indanesia dengan penomoran: 1033/BH-DK/BK/2004
Koperasi Nusantara memulai usahanya dengan membuka cabang di beberapa daerah di
Jawa Barat yang memberikan layanan pinjaman khusus kepada para pensiun dan
pegawai yang pembayaran gaji/uang pensiunnya melalui Kantor POS.Setelah itu
para pengurus dan anggota sepakat melakukan Perubahan Anggaran Dasar (PAD) yang
telah mendapat persetujuan dari Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan
Menengah Republik Indonesia dengan nomor: 492/PAD/MENEG.I/V/2006 pada tanggal 10 mei 2006, dimana para pengurus
dan anggota juga sepakat untuk mengganti nama menjadi KOPERASI NUSANTARA.
Seiring dengan perkembangan usahanya, Koperasi yang berkantor pusat di
Jl. Raya Cimacan No. 32 ini, semakin mendapat kepercayaan
dari para debitur dan mitra usahanya. Hal itu dibuktikan
melalui kerjasama yang diadakan dengan PT. Pos Indonesia (Persero)
selaku mitra utama Koperasi Nusantara sejak Januari 2005 yang melahirkan produk
bersama yaitu, POS SIMPAN PINJAM KOPERASI NUSANTARA. Perjanjian
Kerjasama tersebut ditandatangani pada tanggal 27 September 2007 dengan Nomor :
125/KN/IX/2007-PKS-129/DIRBISKUG/0907 antara Ketua Koperasi Nusantara dengan Direktur Bisnis Jasa Keuangan
PT.Pos Indonesia (Persero) mengenai Pelayanan Pos Simpan Pinjam (PKS
NASIONAL).
Di awal usahanya, Koperasi Nusantara
hanya membuka cabang di beberapa daerah di Jawa Barat dengan core business
memberikan pinjaman kepada para pensiun dan pegawai yang pembayaran gaji/uang
pensiunnya melalui Kantor Pos.
Untuk mengembangkan dan mendukung bisnisnya, Koperasi
Nusantara juga menjalin kerjasama dengan beberapa pihak antara lain Sinarmas,
Asuransi Jiwasraya, dan Smart Telecom. Dengan dukungan dari berbagai pihak
tersebut, mitra usaha, dan bimbingan dari Kementrian Negara Koperasi dan Usaha
Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Dekopin), Kami terus berkembang bersama mitra kerjanya untuk melaksanakan misi dan
mewujudkan visinya.
Seiring berjalannya waktu,
pertumbuhan bisnis pinjaman ini terlihat semakin potensial, maka di tahun 2006
Koperasi Nusantara melakukan kerjasama operasional dengan PT.POS INDONESIA
(Persero). Kerjasama ini meliputi penyaluran pinjaman dan pemotongan uang
gaji/pensiunan pegawai , PNS dan TNI/POLRI dan sejak tahun 2007 produk pinjaman
ini dapat dilayani di seluruh Indonesia melalui 208 cabang kantor layanan
Koperasi Nusantara.
Berbasis teknologi informatika ,
memungkinkan Koperasi Nusantara dapat melakukan pengelolaan bisnisnya dengan
realtime online system di seluruh cabang layaknya standard perbankan saat ini.
Kemitraan strategis untuk dapat
menjalankan bisnis yang ada dengan baik tidak hanya dibangun dengan PT.POS
INDONESIA (Persero) tapi juga dengan pihak-pihak pendukung lainnya seperti PT.
Bank Sinarmas, ICB Bumiputera Indonesia Tbk, Bank Kesawan, BII Maybank, Mutiara
Bank, Bank Bukopin, Bank Syariah Bukopin, Bank BNI, Asuransi Jiwa Bumiputera
1912, Asuransi Jiwa Nusantara, Asuransi Jiwa Jiwasraya, Asuransi Syariah
Mubarakah, Koperasi Syariah 165. Untuk lebih terarah dalam perjalanan bisnisnya,Koperasi
Nusantara berpacu pada visi dan misi yang sudah disepakati bersama, diantaranya
:
a)
VISI
Visi dari KOSPIN Pensiunan adalah “ menjadi Koperasi Simpan Pinjam yang
Tersebar, Terbesar dan Terbaik (3T) ’’ :
· TERSEBAR Jaringan Kantor dan Pelayanan Terluas.
· TERBESAR Penghimpunan Dana, Penyaluran Pinjaman, dan Sisa Hasil Usaha
(SHU).
· TERBAIK Produk dan Sistem Pelayanan, , Sistem Manajemen, dan SDM Profesional
b)
MISI
· Menyediakan berbagai produk dan
layanan bermutu tinggi, berbasis teknologi dengan tepat guna dengan di dukung Sumber Daya Manusia
(SDM) yang professional
bagi calon anggota, anggota koperasi lain beserta anggota-anggotanya.
· Membantu pemerintah dalam
pembangunan masyarakat ekonomi mikro melalui penyediaan produk dan layanan yang
tersebar ke seluruh pelosok nusantara.
· Memberikan value terbesar bagi
seluruh anggota Koperasi Nusantara.
· Memberikan
keterangan serta penjelasan kepada calon nasabah mengenai kredit pensiun.
1.1.1.
Nama
dan Bentuk Perusahaan
Perusahaan dimana tempat penulis melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan adalah Koperasi Nusantara Cabang Kupang yang merupakan
perusahaan Non Pemerintah .
1.1.2.
Bidang Usaha
Koperasi Nusantara dengan
sebutan Kopnus dalam
perbisnisannya merupakan perusahaan jasa konsultan keuangan yang melayani khusus kredit bagi para pensiunan PNS maupun TNI/POLRI, pembayaran gaji/ uang pensiun
melalui Kantor Pos, serta meneruskan pinjaman (channeling) dari bank kepada debitur/UKM.
1.1.3.
Lokasi Perusahaan
Lokasi kantor Koperasi Nusantara
cabang Kupang terletak di Jl.Palapa No.1 Oebobo-Kupang yang tepatnya berada di dalam
Kantor POS dengan No.Telp ( 0380 ) 822424.
1.2.
Organisasi
Perusahaan
Organisasi
adalah suatu wadah atau orang-orang yang berkumpul pada tempat dengan tujuan
untuk bisa merencanakan, membahas dan melaksanakan suatu pekerjaan atau
kegiatan.
Organisasi
sangat penting karena :
a) Organisasi
mengandung delegasi tugas (seorang tidak dapat mengerjakan sendiri segala
sesuatu)
b) Organisasi
mempengaruhi koordinasi
c) Organisasi
menentukan tanggung jawab jabatan perseorangan
d) Organisasi
merumuskan otoritas untuk melaksanakan tugas
e) Organisasi
dapat mempengaruhi motivasi dan semangat kerja pegawai.
1.2.1.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi Koperasi
Nusantara Cabang Kupang adalah sebagai berikut :
![]() |
Gambar 1. Struktur Organisasi Koperasi
Nusantara Cabang Kupang
Deskripsi kerja :
a)
Manajer
Cabang
·
Menetapkan
kebijaksanaan di kantor Koperasi Nusantara Cabang Kupang
·
Mengkoordinasi
dan meningkatkan keterpaduan penyusunan strategis dan program kerja
·
Menyelenggarakan
koordinasi dengan unti kerja bawahan
·
Bertanggung
jawab penuh di kantor Koperasi Nusantara Cabang Kupang
b)
Administrasi
·
Merekap
semua data nasabah
·
Membuat
laporan nasabah
·
Melakukan
berbagai macam pencatatan
·
Melakukan
catatan tentang kepegawaian di kantor Koperasi Nusantara Cabang Kupang
c)
Marketing
·
Melakukan
pemasaran produk
·
Melakukan
promosi kepada nasabah
·
Melakukan
peningkatan pendapatan kantor.
d)
Aplikasi
·
Melakukan
penginputan data nasabah
·
Melakukan
perhitungan peminjaman nasabah
·
Melayani
nasabah
·
Pengecekan
data dan persyaratan nasabah saat nasabah mengajukan peminjaman.
1.2.2.
Ketenagakerjaan
a) Jumlah karyawan yang bekerja
Pengadaan karyawan pada koperasi ini
meliputi berbagai tahapan yang mencakup pemilihan karyawan berdasarkan
kemampuan (skill) dan keahlian yang dikeluarkan melalu tes masuk. Karyawan
professional yang bergerak sebagai tengaa fungsional koperasi terdiri dari 3
orang pegawai tetap ditambah dengan 1 orang pegawai kontrak.
b) Pembagian aktivitas karyawan.
Aktivitas karyawan yang difungsikan
kedalam bidangnya masing-masing.Koperasi membagi aktivitas karyawan menurut
struktur organisasi sebagai berikut.
Tabel 1. Klasifikasi Karyawan
Menurut Jenjang Pendidikan.
NO.
|
JENJANG PENDIDIKAN
|
JUMLAH
|
1
|
Sarjana (S1)
|
4
orang
|
2
|
Ahli Madya (D3)
|
-
|
3
|
SLTA/ Sederajat
|
-
|
4
|
SLTP
|
-
|
5
|
SD
|
-
|
Tabel
2. Klasifikasi Karyawan Menurut Bagian Kerja.
NO.
|
JABATAN
|
JUMLAH
|
1
|
Menajer
Cabang
|
1
orang
|
2
|
Administrasi
|
1
orang
|
3
|
Marketing
|
1
orang
|
4
|
Aplikasi
|
1
orang
|
1.3.
Kegiatan Produksi
Adapun kegiatan produksi Koperasi
Nusantara Cabang Kupang didalam memberikan pelayanan kepada nasabah maupun
calon nasabah adalah 6 hari kerja dengan perincian sebagai berikut :
5 Hari Kerja
|
1 Hari Kerja
Tambahan
|
|
Hari
|
Senin – Jumat
|
Sabtu
|
Kantor Buka (
Wita )
|
08.00
|
08.00
|
Kantor Tutup (
Wita )
|
17.00
|
14.00
|
Hari Sabtu & Minggu Libur
|
Hari Minggu Libur
|
|
Tabel 3. Kegiatan Koperasi Nusantara
Cabang Kupang
1.3.1.
Proses Produksi
Koperasi Nusantara memberikan pelayanan kepada nasabah
berupa:
·
Pinjaman
kredit kepada pensiunan PNS, TNI/POLRI dengan usia maksimal 70 tahun diakhir masa
pinjaman.
·
Menerima pengalihan pinjaman ( Take Over ) nasabah yang telah meminjam di lembaga
kredit pensiun lain ke
Koperasi Nusantara.
1.3.2.
Hasil Produksi
Selama 2 bulan melakukan PKL di
Koperasi Nusantara Cabang Kupang dapat digambarkan bahwa rata-rata kredit yang diberikan kepada nasabah
berkisaran
antara Rp. 300.000.000 –Rp 500.000.000.
1.4.
Pemasaran/Wilayah
Operasional
1.4.1.
Daerah Pemasaran
Luas atau
tidaknya jangkauan suatu perusahaan terhadap konsumen agar dikenal akan produk
yang ditawarkan tergantung dari perusahaan itu sendiri dalam melakukan strategi
pemasaran. Oleh karena itu, Koperasi Nusantara Cabang Kupang memiliki jangkauan
pemasaran di sekitaran Kota Kupang dan Kabupaten Kupang selama 4 tahun
keberadaanya .
1.4.2.
Saluran
Distribusi
Untuk memperlancar arus barang dan jasa dari
produsen ke konsumen maka salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah
saluran distribusi.
![]() |
||||
|
Koperasi Nusantara Cabang Kupang merupakan agen penunjang yang membantu memperlancar kegiatan-kegiatan
kantor pusat selaku agen pelengkap dalam mendistribusikan produk kepada para
pensiunan khususnya di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang sebagai konsumen
terakhir.
BAB 2
AKTIVITAS
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
2.1.
Tempat
Penugasan
Penulis melaksanakan praktek kerja lapangan
(PKL) pada Koperasi Nusantara cabang Kupang yang mana dalam menjalankan
kegiatan usaha setiap hari, Koperasi Nusantara cabang Kupang menggunakan sistem
kerja tim yakni setiap bagian kerja bisa merangkup ke bagian kerja yang lain.
Selama kurun waktu dua bulan melaksanakan praktek kerja lapangan, penulis di tempatkan pada bagian marketing dan administrasi kredit
2.2. Macam Kegiatan dan Uraian
Adapun kegiatan yang pernah penulis
lakukan selama melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) pada Koperasi Nusantara
cabang Kupang adalah sebagai berikut:
2012
|
JENIS KEGIATAN
|
||
BLN.
|
TGGL.
|
||
M
A
R
E
T
|
05
|
Perkenalan dengan
pipmpinan serta karyawan kantor
|
|
06
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
07
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
08
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
09
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
10
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
12
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
13
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
14
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
15
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
2012
|
JENIS KEGIATAN
|
||
BLN.
|
TGL.
|
||
M
A
R
E
T
|
16
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
|
19
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
20
|
Mengurus aplikasi
nasabah yang meninggal dunia
|
||
21
|
Mengentry data
nasabah dengan sistem online
|
||
22
|
Membuat serta
menyusun arsip nasabah
|
||
26
|
Mengentry
data nasabah dengan sistem online
|
||
27
|
Mengentry
data nasabah dengan sistem online
|
||
28
|
Membuat serta
menyusun arsip nasabah
|
||
29
|
Mengentry data
nasabah dengan sistem online
|
||
30
|
Membantu
merekonsiliasi kuitansi
|
||
A
P
R
I
l
|
2
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
|
3
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
4
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
5
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
7
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
9
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
10
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
11
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
12
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
13
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
16
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
17
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
18
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
19
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
20
|
Mengentry data
nasabah dengan sistem online
|
||
23
|
Membuat serta
menyusun arsip nasabah
|
||
24
|
Mengentry data
nasabah dengan sistem online
|
||
2012
|
JENIS KEGIATAN
|
||
BLN.
|
TGL.
|
||
A
P
R
I
l
|
25
|
Mengentry data
nasabah
|
|
26
|
Membuat serta
menyusun arsip nasabah
|
||
27
|
Mengentry data
nasabah dengan sistem online
|
||
30
|
Membantu
merekonsiliasi kuitansi
|
||
M
E
i
|
1
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
|
2
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
3
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
4
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
5
|
Menawarkan kredit kepada
Pensiunan
|
||
Tabel 4. Rekapan Kegiatan Penulis Selama
Menjalankan Kegiatan PKL
2.3.
Sistem
dan Prosedur

|
||||||||||||||||
|
||||||||||||||||
|
||||||||||||||||
|
||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||
|
||||||||||||||||
|
Keterangan :
·
Menawarkan kredit kepada calon nasabah serta menjelaskan bagaimana hubungan
permintaan terhadap tingkat bunga, usia, jangka waktu, maupun angsurannya,
sehingga calon nasabah mengetahui betul kredit yang perusahaan tawarkan.
·
Menyerahkan beberapa aplikasi untuk diisikan
informasi yang akan dijadikan data nasabah untuk perusahaan.Seperti halnya
formulir surat pernyataan, aplikasi permohonan pinjaman pensiun, surat
pernyataan dan kuasa.
Setelah calon nasabah
selesai mengisi aplikasi tersebut lalu aplikasi tersebut diserahkan kepada
bagian administrasi.
·
Kemudian administrasi melakukan
penginputan beberapa berkas seperti KTP Suami Istri, KK, Struk Gaji Terakhir,
Buku Karib, SK Pensiun, NPWP (jika pengajuan kredit diatas Rp. 50.000.000),
Surat Perbedaan Identitas, Surat Rekomendasi, dan Asuransi sebagai analisa awal terhadap permohonan
tersebut dan dikirm ke kantor pusat untuk mendapat persetujuan dan melanjutkan
proses berikutnya.
·
Apabila diterima maka akan dilakukan
lagi usulan pengikatan jaminan seperti SK Pensiun (asli), dilanjutkan dengan
penandatanganan surat perjanjian kredit untuk megantarkan calon nasabah menjadi
nasabah Koperasi Nusantara.
·
Setelah itu baru dilakukan pencairan
kredit dengan melibatkan surat tanda terima uang.
2.4.
Masalah
Yang Dihadapi
Masalah-masalah yang dihadapi selama
penulis melakukan PKL pada Koperasi Nusantara cabang Kupang adalah sebagai
berikut:
1.
Bagian
Marketing
· Pada
saat menawarkan kredit, terdapat beberapa pensiunan yang tidak senang dan cuek,
dengan apa yang disampaikan.
· Minimnya
brosur sehingga menyulitkan untuk penawaran kredit kepada pensiunan.
· Adanya
audit keuangan dari kantor pusat sehingga kantor cabang tidak diperkenankan
menerima Take Over nasabah dari Bank/Koperasi lain yang otomatis menghambat
kinerja marketing dalam Melakukan
peningkatan pendapatan kantor .
· Alasan
serta prosedur yang berbelit-belit dari Bank/Koperasi lain sehingga menyulitkan
nasabah yang ingin Take Over ke Koperasi Nusantara.
· Biasanya
dalam pengambilan gaji pensiun di kantor pos, terdapat banyak pesaing dari
perusahaan penyalur kredit lain yang sudah berpengalaman dan lebih kreatif sehingga
menyuitkan untuk menawarkan produk .
2.
Bagian
Administrasi Kredit
· Kurang
paham dengan cara pengisian beberapa formulir yang ada.
· Status
jaringan online yang kurang bagus sehingga menghambat pekerjaan.
2.5.
Penanganan
Masalah
Adapun cara pemecahan
masalah dari masalah-masalah di atas yang dihadapi penulis yaitu:
1.
Bagian
Marketing
· Tetap
bersikap tenang dan mengubah metode presentasi dengan menanyakan dan menggali
setiap kebutuhan-kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan-kebutuhan yang lainnya
agar pensiun yang bersangkutan sedikit
lunak hatinya.
· Sambil
menunggu brosurnya diproduksi, disarankan untuk menyiapkan lembaran kertas
untuk dituliskan apa yang dituliskan pada brosur ( Persyaratan Kredit ).
· Disarankan untuk
tetap mempromosikan produk dan jika erdapat pensiunan yang ingin berkredit/
Take Over pada bulan yang sedang dilakukan audit keuangan, maka pihak perusahaan
dapat meminta beberapa aplikasi dari nasabah yang bersangkutan untuk kemudian
bisa diproses pada bulan berikutnya.
·
Menyarankan kepada pensiunan untuk
bertindak secara tegas karena pelunasan kredit merupakan hak dari nasabah pada
Bank/Koperasi tersebut.
·
Pelajari setiap kekurangan dan kelebihan pesaing sehingga
dapat menjadi bahan acuan untuk bersaing kelak.
2.
Bagian
Administrasi Kredit
·
Bertanya dan meminta penjelasan yang
cukup kepada orang yang lebih paham dalam hal ini pegawai kantor sehingga dalam
pengisian formulir berikutnya tepat dan benar.
·
Memberitahukanna kepada pihak perusahaan
dan melakukan kerjasama dengan rekan kerja seprofesi untuk meyelesaikan
pekerjaan lain yang ada sambil menunggu normal jaringan online.
BAB 3
PENUTUP
3.1.
Kesimpulan
Kegiatan Praktek
Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana bagi mahasiswa (penulis), dimana penulis
berada dan berinteraksi langsung dalam perusahaan, dapat menambah wawasan, dan
menjalin kerja sama yang baik dengan para staf perusahaan serta menemukan banyak
hal-hal baru yang berbeda dengan teori
tidak di temukan dalam perkuliahan .untuk dipelajari dan dijadikan sebagai
suatu pembelajaran bagi penulis untuk dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi
dunia kerja yang penuh dengan persaingan.
3.2.
Saran
a. Bagi
Politeknik Negeri Kupang
·
Lebih meningkatkan hubungan kerja sama
yang baik dengan perusahaan sehingga dapat menumbuhkan hubungan timbal balik
yang saling menguntungkan.
·
Memperluas mitra kerja sama sehingga
mahasiswa PKL dapat di tempatkan pada perusahaan-perusahaan di kota Kupang
maupun seluruh NTT.
b. Bagi
Jurusan
·
Disarankan untuk supaya tahun-tahun kedepan dipertimbangkan lagi dalam menentukan
dosen pembimbing lapangan, agar minat ilmu yang ada pada mahasiswa lebih
tereksplor lagi.
·
Dimanfaatkan baik itu laporan PKL,
proposal, maupun TA dari angkatan-angkatan sebelumnya dengan maksud mahasiswa
memliki banyak referensi dan jangan terlihat mubasir hasil karya yang sudah
dibuat itu.Hal ini juga dikarenakan aturan dari perpustakaan yang tidak semua
mahasiswa bisa penuhi karena berbagai alasan ( Kartu Perpus ) di lain sisi
mereka ingin mendapatkan referensi untuk penulisan laporan PKL dan lain
sebagainya.
c. Bagi Koperasi Nusantara Cabang Kupang
·
Mempercayakan
mahasiswa PKL untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, sehingga dapat diketahui
sejauh mana kemampuan dan kinerja dari mahasiswa PKL.
·
Menempatkan
nasabah sebagai partner untuk menjaga image perusahaan dimata kalangan
masyarakat.
·
Menjaga Customers Satisfaction dengan pelayanan yang diberikan.
gambar''nya ko gak tertera siih...
BalasHapusInspirasi nya jadi mentok niih...
kaka,,kalau bisa dimasukan latar belakangx ka,soalya aku butuh referensi untuk buat lapoaran juga ka..trima kasih
BalasHapus